Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA

Refitaniza, Refitaniza (2022) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_REFITANIZA_18035110_3950_2022.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa LKPD terintegrasi STEAM-PjBL (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics-Project Based Learning) pada materi Larutan Penyangga, serta mengungkapkan validitas dan praktikakitas LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan 4-D sebagai model pengembangannya. Model 4-D ini terdapat empat tahapan yaitu tahapan define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate. Namun tahap disseminate tidak dilaksanakan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan angket praktikalitas. LKPD ini divalidasi oleh 5 orang validator diantaranya dosen kimia FMIPA UNP dan guru kimia SMAN 6 Padang. Data validitas dianalisis dengan menggunakan indeks Aiken’s V sedangkan data praktiklitas dianalisis menggunakan perbandingan nilai peserta didik dengan nilai maksimum ideal dari respon peserta didik. Berdasarkan angket validasi yang telah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa LKPD terintegrasi STEAM-PjBL (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics-Project Based Learning) pada materi Larutan Penyangga yang dihasilkan sudah valid dengan nilai V sebesar 0,87 dengan kategori valid. Sedangkan praktikalitas guru dan peserta didik didapatkan nilai NP sebesar 97% dan 89% dengan kategori sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:55
Last Modified: 21 Sep 2022 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39798

Actions (login required)

View Item View Item