Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Blended Learning Model Station-Rotational Berorientasi Literasi Skill R.I 4.0

Husna, Rahmi Juita (2022) Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Blended Learning Model Station-Rotational Berorientasi Literasi Skill R.I 4.0. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RAHMI_JUITA_HUSNA_17033108_4084_2022.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di era generasi z dituntut memiliki keterampilan-keterampilan yang dapat menjawab tantangan revolusi industri 4.0. Salah satu keterampilan yang penting dikembangkan adalah literasi skill. Namun tingkat literasi Indonesia tidak lebih dari rengking 50 di Asia, hal mempengaruhi pengintegrasian literasi skill dalam konten dan proses pembelajaran sehingga belum adanya peningkatan yang signifikan. Agar siswa memiliki keterampilan era revolusi 4.0 ini maka dikembangkan lembar kerja peserta didik yang berorientasi literasi skill dengan model pembelajaran blanded learning station rotasional model. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas dan praktikalitas LKPD berbasis blended learning berorientasi literasi skill RI4.0. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Research And Development (R&D). Langkah penelitian yang dilakukan adalah menganalisis masalah yang ada, kemudian mendesain produk, lalu mengembangkan produk yang diakan divalidasi oleh tenaga ahli. Setalah produk divalidasi dan dilakuakn perbaikan sesuai dengan tanggapan tenaga ahli, produk akan di uji coba atau dilakukan praktikalitas oleh guru dan siswa. Produk dapat dievaluasi pada setiap kegiatan, hal ini dapat meminimalisir kekurangan pada produk. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk dan analisis praktikalitas produk. Berdasarkan analisis data yang digunakan, maka diperoleh dua hasil penelitian yaitu yang pertama, LKPD berorientasi literasi skill memiliki validitas yang sangat valid. Kedua, tingkat praktikalitas yang dinilai oleh guru adalah sangat praktis dan tingkat praktikalitas peserta didik berada pada tingkat sangat praktis pula. Sehingga LKPD berbasis literasi skill dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:54
Last Modified: 21 Sep 2022 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39792

Actions (login required)

View Item View Item