Peroksidasi Lipid Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) Sumatera Barat yang Mendapat Perlakuan Cekaman Kekeringan dengan Menggunakan Polyethylene glycol (PEG)

Safitri, Nurma Dwi (2022) Peroksidasi Lipid Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) Sumatera Barat yang Mendapat Perlakuan Cekaman Kekeringan dengan Menggunakan Polyethylene glycol (PEG). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NURMA_DWI_SAFITRI_18032090_2331_2022.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Kekeringan merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi langsung oleh petani dalam memperbaiki mutu dan kualitas beras. Kekeringan yang terjadi dalam waktu lama dapat menimbulkan stres oksidatif pada tanaman. Stres oksidatif ini terkait dengan adanya senyawa radikal bebas yang dapat merusak tanaman atau biasa dikenal dengan Reactive Oxigen Species (ROS). Salah satu efek dari peningkatan ROS adalah terjadinya peroksidasi lipid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan warna yang terjadi dan perbedaan persentase akar yang berwarna merah yang menandakan adanya peroksidasi lipid pada akar beberapa varietas padi (Oryza sativa L.) Sumatera Barat yang mendapatkan perlakuan cekaman kekeringan dengan menggunakan PEG. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2022 di Laboratorium Biologi Umum dan ruang SEM Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Penelitian yang dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial dengan 2 faktor dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah varietas padi yang digunakan dan faktor kedua adalah konsentrasi PEG 8000 yaitu 0% dan 20%. Hasil penelitian menunjukkan akar padi yang mendapatkan perlakuan cekaman kekeringan dengan menggunakan PEG setelah diwarnai memakai Schiff”s reagent mengalami perubahan warna menjadi merah dan persentase akar padi yang berwarna merah yang menandakan adanya peroksidasi lipid berbeda setiap varietasnya. Varietas Rosna lebih merah dengan area lebih luas yang berwarna merah dan Harum paling kecil terjadinya peroksidasi lipid. Varietas rosna peka terhadap kekeringan, situbagandit moderat dan harum toleran terhadap kekeringan. Hasil penelitian terjadi perubahan warna menjadi merah dari akar padi (Oryza sativa L.) yang mendapatkan perlakuan cekaman kekeringan dan persentase akar padi yang berwarna merah yang menandakan adanya peroksidasi lipid berbeda setiap varietasnya. Varietas rosna lebih merah dengan area lebih luas yang berwarna merah dan harum paling kecil terjadinya peroksidasi lipid. Varietas rosna peka terhadap kekeringan, situbagandit moderat dan harum toleran terhadap kekeringan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:39
Last Modified: 21 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39783

Actions (login required)

View Item View Item