Efektivitas Penggunaan Modul Titrasi Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Batang Anai

Nurhayati, Nurhayati (2022) Efektivitas Penggunaan Modul Titrasi Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_NURHAYATI_18035017_4145_2022.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan modul titrasi asam basa berbasis inkuiri terbimbing yang telah diuji validitas dan praktikalitasnya, namun belum dilakukan uji efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektifitas penggunaan modul titrasi asam basa berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Batang Anai. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen menggunakan desain one group pretest postest. Populasi terdiri dari peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Batang Anai, pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa 25 soal pilihan ganda, terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Hasil N-gain pada kelas sampel yaitu 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul titrasi asam basa berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA 2 Batang Anai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:39
Last Modified: 21 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39782

Actions (login required)

View Item View Item