Karakteristik Stomata pada Daun Tumbuhan Trembesi (Samanea saman (Jacq.) Merr.) sebagai Tanaman Penghijauan pada Lokasi yang Berbeda di Kota Padang

Azizah, Nur (2022) Karakteristik Stomata pada Daun Tumbuhan Trembesi (Samanea saman (Jacq.) Merr.) sebagai Tanaman Penghijauan pada Lokasi yang Berbeda di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NUR_AZIZAH_18032035_2915_2022.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Trembesi (Samanea saman (Jacq.) Merr.) merupakan jenis tumbuhan yang banyak ditanam di pinggir jalan sebagai tanaman penghijauan. Respon tanaman penghijauan yang terpapar oleh bahan pencemar yang berasal dari kendaraan bermotor dan kawasan industri dapat dilihat dari karakteristik stomata daunnya. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian tentang karakteristik stomata pada daun tumbuhan trembesi (Samanea saman (jacq.) merr.) sebagai tanaman penghijauan pada lokasi yang berbeda di kota padang. Penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai Desember 2021. Sampel tanaman diambil dari 3 lokasi yaitu di hutan UNAND, kampus UNP, dan kawasan PT. Semen Padang. Karakteristik stomata tanaman diuji di Laboratorium Botani Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dianalisis dengan uji t pada taraf 5%. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa karakteristik stomata daun trembesi di hutan UNAND dan kampus UNP memperlihatkan adanya perbedaan yang nyata pada aspek panjang stomata, tetapi tidak memperlihatkan perbedaan yang nyata dari aspek kerapatan stomata. Karakteristik stomata daun trembesi di hutan UNAND dan kawasan PT. Semen Padang tidak memeperlihatkan perbedaan yang nyata dari aspek panjang stomata dan kerapatan stomata. Karakteristik stomata daun trembesi di kampus UNP dan kawasan PT. Semen Padang tidak memeperlihatkan perbedaan yang nyata dari aspek panjang stomata dan kerapatan stomata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:39
Last Modified: 21 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39778

Actions (login required)

View Item View Item