Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sutera

Indra, Nahdah Permata (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NAHDAH_PERMATA_INDRA_17029108_2255_2022.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik merupakan aspek penting yang perlu dicapai melalui pembelajaran matematika. Kenyataannya, kegiatan pembelajaran di sekolah belum optimal dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran CTL lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Static Group Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sutera Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 164 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas XII IPA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian dengan taraf nyata a = 0,05 diperoleh P-value = 0,000 yang berarti tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dimana kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran CTL lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:38
Last Modified: 21 Sep 2022 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39771

Actions (login required)

View Item View Item