Pengaruh Penggunaan E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang

Sakinah, Mutiara (2022) Pengaruh Penggunaan E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MUTIARA_SAKINAH_18035049_2390_2022.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain penelitian randomized control-group pretest-posttest design. Populasi terdiri dari siswa kelas X SMA Negeri 1 Padangpanjang tahun ajaran 2021/2022, pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, data dianalisis menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data, diperoleh peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol dan uji hipotesis yang diperoleh sig(2-tailed) < 0,05 menunjukkan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Oleh karena itu, e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning dapat digunakan untuk pembelajaran kimia di kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:37
Last Modified: 21 Sep 2022 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39768

Actions (login required)

View Item View Item