Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Moodle pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA

Alfidyah, Miftah (2022) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Moodle pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MIFTAH_ALFIDYAH_17035071_3861_2022.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi digital dengan melakukan pembelajaran online yang sesuai dengan tuntutan Era Revolusi 4.0. Sedangkan Kurikulum 2013 menuntut peserta didik agar aktif dalam mencari, mengolah, dan membangun pengetahuan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan moodle pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X SMA/MA, serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMAN 8 Padang, dan peserta didik kelas XI IPA SMAN 8 Padang. Penelitian ini dilakukan uji validitas yang menggunakan rumus Aiken’s V dan uji praktikalitas menggunakan rumus persentase. Uji validitas dilakukan oleh lima orang validator dan uji one to one evaluation oleh tiga orang peserta didik. Hasil pengolahan data uji validitas yaitu 0,88 yang menunjukkan kategori valid. Untuk hasil pengolahan data uji praktikalitas peserta didik yaitu 89% dan uji praktikalitas guru 94% yang menunjukkan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan moodle pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X SMA/MA sudah valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:37
Last Modified: 21 Sep 2022 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39765

Actions (login required)

View Item View Item