Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Risiko Persalinan Ibu di Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Basung Tahun 2020 Menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner

Suwardi, Martcelinia (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Risiko Persalinan Ibu di Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Basung Tahun 2020 Menggunakan Analisis Regresi Logistik Biner. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_MARTCELINIA_SUWARDI_17037029_2855_2022.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) adalah banyaknya perempuan yang meninggal dari suatu penyebab kematian terkait dengan gangguan kehamilan atau penanganannya (tidak termasuk kecelakaan, bunuh diri atau kasus insidentil) selama kehamilan, melahirkan, dan dalam masa nifas (42 hari setelah melahirkan) tanpa memperhitungkan lama kehamilan per 100.000 kelahiran hidup. Kematian ibu memiliki hubungan dengan persalinan, jika persalinan tidak lancar akan menyebabkan risiko persalinan. Risiko Persalinan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil menjelang kehamilan dan melakukan persalinan, dampaknya yang begitu besar terhadap ibu dan bayi yang mengakibatkan penyakit dalam jangka waktu panjang, seperti infeksi, pendarahan, sampai kematian. Salah satu cara yang digunakan untuk menyikapi terjadinya risiko persalinan adalah mencari faktor-faktor yang paling berpengaruh atas terjadinya risiko persalinan ibu di Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Basung. Tujuan penelitian ini untuk membuat model persamaan regresi logistik biner, serta mengetahui faktor yang mempengaruhi risiko persalinan ibu di Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari rekam medik Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Basung tahun 2020. Variabel respons (Y) dalam penelitian ini adalah jenis persalinan yaitu persalinan normal dan persalinan tidak normal, untuk variabel penjelas (X) antara lain umur ibu (X1), tekanan darah ibu (X2), berat badan ibu (X3), tinggi ibu (X4), posisi janin (X5). Untuk itu perlu dicari model regresi logistik biner yang mampu menggambarkan faktor yang mempengaruhi risiko persalinan ibu di Rumah Sakit Daerah Lubuk Basung. Hasil penelitian menunjukkan variabel umur ibu (X1), dan tekanan darah ibu (X2) yang berpengaruh nyata terhadap risiko persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah Lubuk Basung. Adapun modelnya:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:37
Last Modified: 21 Sep 2022 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39759

Actions (login required)

View Item View Item