Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Mata-Kaki dan Kemampuan Motorik terhadap Keterampilan Menggiring Bola pada Pemain Sekolah Sepakbola Kambang Junior Kabupaten Pesisir Selatan

Nasution, Rezky Afero Habib (2022) Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Mata-Kaki dan Kemampuan Motorik terhadap Keterampilan Menggiring Bola pada Pemain Sekolah Sepakbola Kambang Junior Kabupaten Pesisir Selatan. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FT Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_REZKY_AFERO_HABIB_NASUTION_17199111_2698_2022.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menggiring bola pemain Sekolah Sepakbola Kambang Junior Kabupaten Pesisir Selatan.Rendahnya keterampilan menggiring bola dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, kelincahan, koordinasi mata-kaki dan kemampuan motorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh langsung dan tidak langsung, serta pengaruh simultan variabel eksogen terhadap variabel endogen.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain SSB Kambang Junior U-15 yang bejumlah 39 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Pusposive Sampling, sehingga sampel adalah pemain SSB U-15 yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data kelincahan menggunakan tes Illinois Agility Run, koordinasi mata-kaki menggunakan tes koordinasi mata-kaki, kemampuan motorik menggunakan tes kemampuan motorik dan keterampilan menggiring bola menggunakan tes Dribbling. Data dianalisis menggunakan analisis jalur melalui pengujian model struktural pada α = 0,05.hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola sebesar 6,86%, (2) terdapat pengaruh langsung koordinasi mata-kaki terhadap keterampilan menggiring bolasebesar 5,57%, (3) terdapat pengaruh langsung kemampuan motorik terhadapketerampilan menggiring bola sebesar 36,00%, (4) terdapat pengaruh tidak langsung kelincahan melalui kemampuan motorik terhadap keterampilan menggiring bola sebesar 33,71%, (5) terdapat pengaruh tidak langsung koordinasi mata-kaki melalui kemampuan motorik terhadap keterampilan menggiring bola sebesar 23,58%, dan (6) terdapat pengaruh kelincahan, koordinasi mata-kaki dan kemampuan motorik secara simultan terhadap keterampilan menggiring bola sebesar 92,00%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kelincahan, Koordinasi Mata-Kaki, Motorik, Menggiring Bola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:55
Last Modified: 19 Sep 2022 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39743

Actions (login required)

View Item View Item