Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Menggunakan Four Tier Diagnostic Test dan Certainty of Response Index (CRI)

Madina, Izzati Salsabilla (2022) Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Menggunakan Four Tier Diagnostic Test dan Certainty of Response Index (CRI). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_IZZATI_SALSABILLA_ MADINA_17033099_2300_2022.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Pemahaman peserta didik yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah yang disepakti para ahli menjadi hambatan dalam proses pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu diperlukan sebuah upaya untuk mengatasi dan mengetahui miskonsepsi-miskonsepsi yang dialami peserta didik. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep dan miskonsepsi peserta didik pada materi gerak lurus di SMAN 11 Padang, SMAN 13 Padang, dan SMAN 16 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah Four-Tier Multiple Choice Test disertai skala Certainty of Response Index (CRI). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X di SMAN 11 Padang, SMAN 13 Padang, dan SMAN 16 Padang tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 20% dari jumlah populasi, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 135 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus di SMAN 11 Padang, SMAN 13 Padang, dan SMAN 16 Padang berada pada kategori rendah dengan tingkat miskonsepsi pada kategori sedang. Di SMAN 11 Padang persentase paham konsep sebesar 14,1% dan miskonsepsi sebesar 44,9%. Di SMAN 13 Padang persentase paham konsep sebesar 13,2% dan miskonsepsi sebesar 47,7%. Dan di SMAN 16 Padang persentase paham konsep sebesar 12,6% dan miskonsepsi sebesar 55,7%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman konsep peserta didik lebih dominan pada kategori miskonsepsi pada materi gerak lurus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:52
Last Modified: 19 Sep 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39738

Actions (login required)

View Item View Item