Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Gender (IPG) Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel

Elisa, Ira (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Gender (IPG) Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Analisis Regresi Data Panel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_IRA_ELISA_18030116_1595_2022.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Pembangunan manusia sering dikaitkan dengan perbedaan gender. Pembangunan ini berfokus pada bagaimana mencapai kesetaraan gender untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tanpa memandang gender. Indeks Pembangunan Gender (IPG) merupakan indeks pencapaian kemampuan dasar pembangunan manusia untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia berdasarkan jenis kelamin dan digunakan untuk mengetahui kesenjangan pembangunan manusia antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model regresi data panel yang paling tepat untuk menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan gender di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder gabungan dari data cross section dan data time-series dari tahun 2017-2020. Data yang digunakan diperoleh dari publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa model diperoleh model yang cocok untuk menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan gender di 19 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2020 adalah model fixed effect. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan gender di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2020 yaitu pada taraf signifikansi 5% adalah rata-rata lama sekolah (X2) dan pada taraf signifikansi 15% adalah harapan lama sekolah (X1) dan tingkat partisipasi angkatan kerja (X4).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:51
Last Modified: 19 Sep 2022 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39733

Actions (login required)

View Item View Item