Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa

Nasution, Indri Yulia Putri (2022) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_INDRI_YULIA_PUTRI_NASUTION_17033135_620_2022.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian meta analisis pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa. Kondisi nyata yang ditemukan dilapangan hasil belajar siswa fisika tergolong masih rendah. Untuk meningkatkan hasil belajara siswa diperlukan bahan ajar yang dapat menarik minat belajar siswa salah satunya Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh LKS terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian meta analisis. Dengan mengumpulkan dan merangkum beberapa artikel. Dimana sampel yang digunakan terdiri dari 30 artikel yang sudah dipublikasikan pada berbagai jurnal baik nasional dan internasional. Artikel yang dipilih adalah artikel yang bisa diolah untuk dapat dihitung besar effect sizenya pada penggunaan LKS yang kemudian dikelompookan menjadi empat indikator yaitu berdasarkan jejang pendidikan, tingkatan kelas, model pembelajaran dan wilayah penelitian. Dari analisis data yang dilakukan didapat hasil penelitian. Pertama, Penggunaan LKS memberikan pengaruh yang berarti pada indikator jenjang pendidikan SMP dengan summary effect size sebesar 1.041 dalam kategori tinggi. Kedua, pengunaan LKS memberikan pengaruh yang berarti di kelas VIII dengan summary effect size sebesar 1.205 yang dikategorikan sangat tinggi. Ketiga, Penggunaan LKS memberikan pengaruh yang berarti pada model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan summary effect size sebesar 1.133 yang dikategorikan sangat tinggi. Keempat Penggunaan LKS memberikan pengaruh berarti pada di Provinsi Bengkulu dengan summary effect size sebesar 2.124 yang dikategorikan sangat tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:51
Last Modified: 19 Sep 2022 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39732

Actions (login required)

View Item View Item