Pengaruh Pembelajaran Daring Biologi Berbasis Whatsapp Group Berbantuan Edmodo Terhadap Kompetensi Belajar Kognitif Berdasarkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bukittinggi.

Putri, Eldyana Rahayu (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Biologi Berbasis Whatsapp Group Berbantuan Edmodo Terhadap Kompetensi Belajar Kognitif Berdasarkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bukittinggi. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ELDYANA_RAHAYU_PUTRI_19177028_41_2022.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat terutama di bidang pendidikan. Peralihan pembelajaran konvensional atau tatap muka menjadi pembelajaran daring menemui beberapa kesulitan dan hambatan. Guru biologi di SMA Negeri 1 Bukittinggi mengalami kesulitan dalam menentukan jenis media pembelajaran daring yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ialah dengan menggunakan jenis media pembelajaran daring berupa whatsapp berbantuan edmodo dengan memperhatikan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan rancangan factorial design 2x2. Populasi penelitian ialah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bukittinggi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 sebagai kelas sampel. Pembelajaran kelas kontrol dilaksanakan dengan whatsapp dan kelas eksperimen dengan whatsapp berbantuan edmodo. Instrumen yang digunakan berupa soal tes tertulis objektif dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data penelitian dengan anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kompetensi belajar kognitif pada kelas kontrol 78,56 lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 83,06. Perbedaan kopetensi belajar kognitif yang signifikan juga diperoleh pada kelompok peserta didik bermotivasi belajar tinggi. Pada kelas kontrol nilai rata-rata peserta didik bermotivasi belajar tinggi ialah 85,00 lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen dengan rata-rata 93,50. Hasil berbeda diperoleh pada kelompok peserta didik bermotivasi belajar rendah. Tidak terdapat pebedaan kompetensi belajar kognitif yang signifikan pada kedua kelas sampel yakni 72,13 pada kelas kontrol dan 72,63 pada kelas eksperimen. Kompetensi belajar kognitif yang diperoleh dipengaruhi oleh adanya interaksi pemilihan jenis media pembelajaran daring dengan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: whatsapp, edmodo, motivasi belajar, kompetensi belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:51
Last Modified: 19 Sep 2022 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39726

Actions (login required)

View Item View Item