Pengembangan E-Learning dengan Media Whiteboard Animation menggunakan Model Reading, Questioning And Answering (RQA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa pada Jurusan Tadris Biologi di IAIN Batusangkar

Anjelina, Dinia (2022) Pengembangan E-Learning dengan Media Whiteboard Animation menggunakan Model Reading, Questioning And Answering (RQA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Mahasiswa pada Jurusan Tadris Biologi di IAIN Batusangkar. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DINIA_ANJELINA_20177005_2969_2022.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data investigasi awal dengan mewawancarai dosen Struktur hewan serta mahasiswa dari IAIN Batusangkar, diketahui bahwa ada kendala dalam perkuliahan struktur hewan salah satunya terkait media pembelajaran yang digunakan, sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi perkuliahan. Kesulitan yang dirasakan mahasiswa yaitu hampir setiap materi struktur hewan sulit untuk dipahami khususnya materi sistem reproduksi sehingga mahasiswa kesulitan dalam mengilustrasikan gambar pada materi sistem reproduksi. Data hasil angket mahasiswa menunjukkan sebanyak 72,9% mahasiswa Kesulitan untuk mempelajari materi ini. Namun 52,1% mahasiswa tidak mampu memahami materi ini hanya dengan membaca penjelasan melalui buku teks. Oleh karena itu, mahasiswa membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam memvisualisasikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran whiteboard animation menggunakan model RQA pada materi sistem reproduksi yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research phase), fase perancangan dan pembuatan prototipe (development and prototyping phase), dan fase penilaian (assesment phase). Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi, data praktikalitas diperoleh dari hasil analisis angket respon mahasiswa dan dosen. Data efektivitas diperoleh dari hasil belajar mahasiswa dari aspek kognitif menggunakan lembar soal dan angket motivasi belajar mahasiswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu media whiteboard animation menggunakan model RQA pada materi sistem reproduksi. Hasil validasi oleh validator menunjukkan nilai 87,85% dengan kriteria sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh dosen menunjukkan nilai 93,50 % dengan kriteria sangat praktis dan hasil penilaian praktikalitas oleh mahasiswa memperoleh nilai 89,58% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar aspek pengetahuan dan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Berdasarkan nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media whiteboard animation menggunakan model RQA pada materi sistem reproduksi sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Development, Whiteboard Animation, RQA Model and Motivation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:51
Last Modified: 19 Sep 2022 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39725

Actions (login required)

View Item View Item