Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP At-Thayibbah Kerinci

Junisa, Anggria (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP At-Thayibbah Kerinci. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FMIPA Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ANNISA_AULIA_20176001_2938_2022.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VIII SMP At-Thayibbah Kerinci yaitu menunjukan bahwa kompetensi peserta didik pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan masih rendah. Rendahnya kompetensi belajar biologi peserta didik disebabkan proses pembelajaran masih berpusat pada guru, kemampuan awal peserta didik tidak diperhatikan dan di kelas guru masih menerapkan pembelajaran konvensional. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL dengan memperhatikan kemampuan awal terhadap kompetensi belajar biologi peserta didik kelas VIII SMP At-Thayibbah Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP At-Thayibbah Kerinci yang terdaftar secara akademik tahun 2020/2021. Sedangkan sampel diambil secara cluster random sampling, maka didapatkan kelas VIIIc sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIId sebagai kelas kontrol. Analisis data pada uji hipotesis kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan menggunakan uji t-test. Sedangkan uji hipotesis interaksi model PBL dengan kemampuan awal dengan menggunakan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukan nilai kompetensi belajar biologi peserta didik pada materi sistem pernapasan dan eksresi kelas ekperimen lebih tinggi dari pada peserta didik kelas kontrol. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen adalah 75,90 dan kelas kontrol adalah 66,70. Berdasarkan nilai kemampuan awal tinggi kelas eksperimen adalah 81,20 sedangkan kelas kontrol adalah 73,40 dan kemampuan awal rendah kelas eksperimen adalah 70,60 sedangkan kelas kontrol adalah 60,00. Nilai rata-rata kompetensi sikap kelas eksperimen adalah 80,69 dan kelas kontrol adalah 72,64. Sedangkan nilai rata-rata kompetensi keterampilan kelas eksperimen adalah 80,28 dan kelas kontrol adalah 73,33. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan memperhatikan kemampuan awal peserta didik lebih baik terhadap komptensi belajar peserta didik kelas VIII SMP At-Thayibbah Kerinci.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PBL, Kemampuan Awal, Kompetensi Belajar, dan Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:49
Last Modified: 19 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39720

Actions (login required)

View Item View Item