Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Dengan Menerapkan Two Column Note Strategy pada Siswa Kelas VIII.4 SMPN 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam

Hidayetty, Hidayetty (2022) Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Dengan Menerapkan Two Column Note Strategy pada Siswa Kelas VIII.4 SMPN 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FBS Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_HIDAYETTY_81354_2910.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama yang ditemui peneliti dalam pembelajaran membaca di kelas VIII.4 SMPN 2 Ampek nagari Kabupaten Agam adalah rendahnya kemampuan pemahaman siswa dalam memahami text. Oleh sebab itu peneliti menerapkan strategi Two Column Note sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses peningkatan pemahaman membaca siswa dan untuk melihat sejauh mana strategy Two Column Note dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yang dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2016. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan instrumen berikut : lembaran observasi, catatan lapangan dan test. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Two Column Note merupakan strategi yang menarik bagi siswa yang dapat memotivasi siswa untuk membaca dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. 2). Strategi Two Column Note dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang memcapai nilai KKM, meningkatnya nilai rata –rata hasil test siswa dan meningkatnya persentase pencapaian untuk masing-masing indikator tes dari siklus 1 sampai siklus 3. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Two Coumn Note Strategy mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa. Diharapkan penelitian ini bisa memberi kontribusi kepada peneliti dan guru bahasa Inggris lainnya dan dapat mempertimbangkan strategi ini sebagi salah satu strategy yang digunakan dalam pembelajaran membaca

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:49
Last Modified: 19 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39718

Actions (login required)

View Item View Item