Pengaruh Teknik Information gap dan Motivasi Siswa terhadap Kemampuan Berbicara Siswa : Penelitian Eksperimen di MAN 1 Pesisir Selatan.

Arjuna., Gibran (2022) Pengaruh Teknik Information gap dan Motivasi Siswa terhadap Kemampuan Berbicara Siswa : Penelitian Eksperimen di MAN 1 Pesisir Selatan. Masters thesis, Program Pasca Sarjana FBS Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_GIBRAN_ARJUNA_18178012_2834_2022.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh teknik information gap dan motivasi siswa terhadap kemampuan berbicara siswa pada siswa kelas pertama di MAN 1 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang menggunakan rancangan factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa tahun pertama MAN 1 Pesisir Selatan tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari enam kelas (163 siswa). Sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik kluster acak. Kelas X PK 1 terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X PK 2 terdiri dari 18 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah angket jenis motivasi dan tes kemampuan berbicara. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Information gap memberikan efek yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa daripada siswa yang diajarkan dengan cara konvensional. (2) Information gap memberikan efek yang signifikan pada siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan Information gap (3) Information gap tidak memberikan efek yang signifikan pada siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan dengan Information gap (4) tidak ditemukan adanya interaksi antara Information gap dan motivasi terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa. Dapat disimpulkan bahwa Information gap memberikan efek yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa terutama pada siswa dengan motivasi tinggi. Akan tetapi, tidak ada perbedaan yang rerata yang bermakna antara teknik pengajaran dan motivasi terhadap kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Information gap, motivasi, kemampuan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:48
Last Modified: 19 Sep 2022 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39717

Actions (login required)

View Item View Item