Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Lectora Di Kelas V Sekolah Dasar

Handayani, Silvia (2022) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Lectora Di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_01_SILVIA_HANDAYANI_20124032_2684_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 guru ataupun sekolah dituntut untuk lebih berupaya menyiapkan kelengkapan untuk mendukung keberhasilan belajar siswa. Jika dilihat secara luas kegiatan belajar mengajar sangat tergantung pada kesiapan perangkat pembelajaran, salah satunya yaitu penggunaan bahan ajar. Penggunaan bahan ajar di SD belum maksimal, guru cenderung hanya menggunakan buku siswa sebagai bahan ajar. Sehingga penting untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar tematik terpadu berbasis problem based learning menggunakan aplikasi lectora untuk kelas V sekolah dasar tema 3 subtema 1. Penilitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, dalam model pengembangan ADDIE terdapat lima tahapan utama yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Pada model pengembangan ADDIE ini bersifat fleksibel yang dimana tiap tahapan pengembangan akan memberikan pengaruh terhadap tahapan berikutnya. Pada tahap Analyze dilakukan analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis materi. Pada tahap Design dilakukan pembuatan flowchart dan storyboard sebagai rancangan bahan ajar yang dikembangkan. Pada tahap Develop produk yang dikembangkan sesuai dengan langkah sebelumnya akan dilakukan validasi dengan para pakar, Pada aspek materi memperoleh 84% dengan kategori sangat valid, aspek media memperoleh 79% dengan kategori valid, dan aspek bahasa memperoleh 94% dengan kategori sangat valid. Pada tahap Implementation dilakukan uji praktikalitas dan uji efektifitas. Hasil uji praktikalitas dengan guru memperoleh rata-rata sebesar 95%, oleh guru dan 86% oleh siswa dengan kategori sangat praktis. Uji efektifitas dilakukan pada aspek motivasi dan hasil belajar siswa. Aspek motivasi memperoleh rata-rata 83% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar pada aspek pengetahuan, nilai posttest di SDN 03 Kampung Jawa sebesar 82,66 dengan predikat Baik, dan di SDN 05 Kampung Jawa 85,33 dengan predikat Baik. Aspek keterampilan dengan nilai 3,50 dan 3,64 dengan predikat Sangat Baik. Aspek sikap dengan nilai 3,65 dan 3,67 dengan predikat Sangat Baik. Tahap Evaluation dilakukan dengan evaluasi terhadap analisis yang dilakukan dan evaluasi dari saran dan masukan dari masing-pakar dalam tahap validasi bahan ajar yang dikembangkan. Dari penelitian yang dilakukan maka dapat dinyatakan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis problem based learning menggunakan aplikasi lectora valid, praktis, dan efektif untuk digunakan di untuk kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Lectora, Tematik Terpadu, Problem Based Learning, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:48
Last Modified: 19 Sep 2022 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39716

Actions (login required)

View Item View Item