Kontribusi Kesejahteraan Sekolah (School well-being dan Kecerdasan Emosi Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Belajar (Student Engagement)

Susanti, Roza Eva (2022) Kontribusi Kesejahteraan Sekolah (School well-being dan Kecerdasan Emosi Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Belajar (Student Engagement). Masters thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ROZA_EVA_SUSANTI_14151045_2848_2022.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Keterlibatan siswa dalam belajar merupakan hal yang harus dilakukan jika ingin memahami pelajaran dan memperoleh prestasi yang baik di sekolah. Namun ditemukan adanya penurunan keterlibatan siswa dalam belajar di SMP Negeri 1 Padang yang disebabkan oleh berbagai faktor. Kesejahteraan sekolah (school well-being) dan kecerdasan emosi merupakan faktor yang diduga memengaruhi keterlibatan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesejahteraan sekolah (school well-being), kecerdasan emosi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Padang sebanyak 768 orang siswa SMP Negeri 1 Padang dan sampel penelitian berjumlah 201 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan disusun berdasarkan konstruk dari ketiga variabel yaitu kesejahteraan sekolah, kecerdasan emosi dan keterlibatan siswa dalam belajar dengan skala Likert. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, keterlibatan siswa dalam belajar berada pada kategori tinggi, (2) kesejahteraan sekolah (school well-being) dan kecerdasan emosi juga pada kategori tinggi, (3) kontribusi kesejahteraan sekolah (school well being) terhadap keterlibatan siswa dalam belajar sebesar 48,2%, (4) kontribusi kecerdasan emosi terhadap keterlibatan siswa dalam belajar sebesar 57 %, dan (5) kontribusi kesejahteraan sekolah (school well-being) dan kecerdasan emosi secara bersama-sama terhadap keterlibatan siswa dalam belajar sebesar 62,1 %. Implikasi hasil penelitian dapat digunakan sebagai dasar dalam penyusunan program layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar di SMP Negeri I Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:41
Last Modified: 16 Sep 2022 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39707

Actions (login required)

View Item View Item