Pengembangan e-modul IPA Terpadu SMP Berbasis Discovery Learning Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Fransiska, Fera (2022) Pengembangan e-modul IPA Terpadu SMP Berbasis Discovery Learning Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_09_FERA_FRANSISKA_17231012_55_2022.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil analisis awal yang dilakukan dengan mewawancarai guru, diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan selama ini masih berbasis bahan ajar cetak yang belum mendukung untuk kemandirian belajar peserta didik. Selama proses pembelajaran peserta didik lebih banyak menghafal dibandingkan dengan memahami konsep. Hasil analisis angket diketahui bahwa peserta didik lebih menyukai bahan ajar elektronik yang dipadukan dengan adanya video pembelajaran dan gambar menarik yang dapat menarik minat belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul IPA terpadu berbasis discovery learning pada materi usaha dan pesawat sederhana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian dari uji validitas e-modul yang diberikan oleh validator menunjukkan bahwa tingkat validitas termasuk ke dalam kategori kevalidan yang tinggi dengan nilai rata-rata 0,75, nilai hasil uji praktikalitas dari guru termasuk dalam kategori kepraktisan yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata 0,91, dan nilai hasil uji praktikalitas dari peserta didik termasuk kategori kepraktisan yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata 0,87. Dapat disimpulkan bahwa e-modul IPA terpadu SMP berbasis discovery learning pada materi usaha dan pesawat sederhana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Model Discovery Learning, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:14
Last Modified: 15 Sep 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39699

Actions (login required)

View Item View Item