Pengembangan E-Komik Edukasi Sebagai Suplemen Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis STEM Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP

Maeyanda, Elsye (2022) Pengembangan E-Komik Edukasi Sebagai Suplemen Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis STEM Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_09_ELSYE_MAEYANDA_17231048_250_2022.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Namun saat pandemi Covid-19 proses pembelajaran jadi tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Salah satunya yaitu terbatasnya jam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan adanya bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri berupa E-Komik Edukasi Sebagai Suplemen Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis STEM Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Komik Edukasi Sebagai Suplemen Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis STEM Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII SMP yang valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen penelitian terdiri dari lembar wawancara guru dan peserta didik, angket validasi dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan skala likert dengan skala 1-100 untuk menganalisis hasil uji validitas dan kepraktisan. Hasil analisis telah membantu proses perancangan, sehingga diperoleh perancangan e-komik yang praktis. Hasil tahap pengembangan e-komik edukasi memenuhi kategori valid dari validator sebesar 92%. praktikalitas penggunaan e-komik edukasi guru dan peserta didik termasuk kategori praktis dengan nilai angket respon guru sebesar 88% dan respon peserta didik sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-komik edukasi sebagai suplemen pembelajaran IPA terpadu berbasis STEM pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII SMP telah memenuhi kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-komik Edukasi, Suplemen Pembelajaran, STEM
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:14
Last Modified: 15 Sep 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39698

Actions (login required)

View Item View Item