Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang

Septiani, Cici (2022) Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CICI_SEPTIANI_17053116_1670_2022.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Semakin maju suatu negara, maka semakin banyak tenaga kerja yang terdidik memerlukan lapangan pekerjaan. Namun, lapangan pekerjaan yang tersedia tidak mencukupi dan berakibatkan banyaknya tenaga kerja yang terdidik yang menganggur, sehingga semakin penting dunia wirausaha. Adapun faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha yang diteliti didalam penelitian ini adalah efikasi diri dan lingkungan keluarga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang, 2) Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang, 3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan ekonomi Universitas Negeri Padang angkatan tahun 2017, 2018 dan 2019. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 190 mahasiswa dengan menggunakan rumus Slovin yang diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jenis data adalah data primer. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuisioner yang disusun dengan menggunakan skala likert yang skornya 1-5. Uji instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada tahap analisa data dilakukan analisis deskriptif dan analisis induktif. Analisis induktif yaitu ada uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan analisis regresi berganda. Uji hipotesis digunakan uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) efikasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang, (2) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang, (3) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EFIKASI DIRI, MINAT BERWIRAUSAHA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:14
Last Modified: 15 Sep 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39696

Actions (login required)

View Item View Item