Pengaruh Pengunaan Media Permainan Ular Tngga Kimia Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Padang Lawas

Hasibuan, Nivelda Yani (2022) Pengaruh Pengunaan Media Permainan Ular Tngga Kimia Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Padang Lawas. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_07_NIVELDA_YANI_HASIBUAN_14035011_82_2022.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Tersedianya media permainan ular tangga kimia materi koloid dalam bentuk latihan yang telah diuji validitas,praktikalitas dan efektifitas tetapi belum diuji pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan media permainan ular tangga kimia materi koloid terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI MAN 1 Padang lawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 1 Padang Lawas. Pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini ialah tes hasil belajar perta didik dengan tes akhir (posttest) berupa tes objektif dengan 5 pilihan jawaban sebayak 25 buti soal.Tekhnik analisis data yang digunakan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji F dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penilaian ini diperoleh dari hasil tes akhir dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,2 dan kelas kontrol adalah 78,8. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf nyata 0,05. Hasil analisis diperoleh thitung = 4,438 dan ttabel= 1,665. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media permainan ular tangga kimia materi koloid terhadap hasilbelajar peserta didik dikelas XI MAN 1 Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, media permainan ular tangga kimia, koloid, hasil belajar, uji-t
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:14
Last Modified: 15 Sep 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39692

Actions (login required)

View Item View Item