Deskripsi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA di SMAN 7 Padang

Atika, Maryana Dwi (2022) Deskripsi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI IPA di SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_07_MARYANA_DWI_ATIKA_17035020_2578_2022.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Materi asam basa merupakan materi yang cukup sulit dipahami, karena 75,5 % siswa di SMAN 7 Padang kelas XI IPA belum mampu mancapai KKM belajar yang telah ditetapkan. Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan ketidakmampuan siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan ditandai dengan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase tingkat kesulitan belajar siswa dan faktor – faktor yang mempengaruhinya pada tiap indikator pembelajaran materi asam basa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 SMAN 7 Padang TA 2021/2022 yang berjumlah 38 orang. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes diagnostik two-tier multiple choice, lembar angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, yaitu menganalisis serta memberikan pengertian mengenai data dalam bentuk angka agar dapat diberikan gambaran secara teratur, ringkas dan jelas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada materi asam basa. Kesulitan belajar siswa paling tinggi terletak pada indikator ke-1 yaitu menganalisis sifat larutan berdasarkan teori asam basa menurut Arrhenius, Bronsted-Lowry, dan Lewis sebesar 77,2% dengan kategori tingkat kesulitan belajar tinggi. Untuk indikator ke-2 yaitu 58,8% dengan kategori tingkat kesulitan belajar cukup tinggi, Indikator ke-3 yaitu 62,3% dengan kategori kesulitan belajar tinggi , dan indikator ke-4 yaitu 72,6% dengan kategori kesulitan belajar tinggi. Sedangkan, berdasarkan hasil angket dan wawancara dengan siswa, faktor – faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dari segi cara belajar siswa yang kurang efektif berdasarkan 5 indikator yaitu konsentrasi (62,4%), membuat jadwal dan pelaksanaannya (63,9%), mengulang materi (64%), membuat catatan dan membaca (68,4%), dan mengerjakan tugas (68,7%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asam Basa, Kesulitan Belajar, Lembar Angket, Soal Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice, Wawancara.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:13
Last Modified: 15 Sep 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39690

Actions (login required)

View Item View Item