Sistem Pembelajaran Flipped Classroom berbasis Inkuiri Terbimbing menggunakan Moodle Pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Kelas XI SMA/MA

Sir, Fitriana Rahmah (2022) Sistem Pembelajaran Flipped Classroom berbasis Inkuiri Terbimbing menggunakan Moodle Pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_07_FITRIANA_RAHMAH_18035135_2533_2022.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia memiliki dampak di bidang pendidikan yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dialihkan menjadi daring. Sehingga menjadi tantangan baru untuk guru maupun peserta didik agar dapat menjalankan pembelajaran sesuai dengan situasi ini dan dengan adanya tuntutan digitalisasi revolusi 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari sistem pembelajaran Flipped Classroom berbasis Inkuiri Terbimbing menggunakan moodle pada materi kesetimbangan kimia untuk kelas XI.Penelitian ini merupakan Educational Design Research (EDR) yang sesuai dengan model pengembangan Plomp. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 8 Padang, guru kimia dan dosen jurusan kimia FMIPA UNP. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas untuk uji validitas dan angket respon guru dan peserta didik untuk uji praktikalitas. Rata – rata nilai yang didapatkan dari 5 orang validator adalah 0,90 dengan kategori valid. Rata- rata nilai yang didapatkan dari uji praktikalitas adalah 85% dengan kategori sangat praktis. Hasil dari validitas dan praktikalitas menunjukkan sistem pembelajaran Flipped Classroom berbasis Inkuiri Terbimbing menggunakan moodle pada materi kesetimbangan kimia yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Inkuiri terbimbing, Kesetimbangan kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:12
Last Modified: 15 Sep 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39688

Actions (login required)

View Item View Item