Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA

Difa, Amelia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_07_AMELIA_DIFA_17035084_2700_2022.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran yang sukar karena bersifat abstrak dan kompleks sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Kimia bisa dipahami dengan tiga level representasi kimia yaitu makroskopik-, submikroskopik dan simbolik. Media pembelajaran membantu guru menyampaikan materi dengan mudah serta membuat materi menjadi bagus karena memuat fitur yang menarik. Salah satunya PowerPoint-iSpring yang memiliki fitur pertanyaan. Pertanyaan prompting melibatkan siswa lebih aktif karena mengarahkan siswa agar terbentuk proses berpikir. Kesetimbangan kimia merupakan materi yang sulit dipahami. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Powerpoint-iSpring terintegrasi prompting pada materi kelas XI SMA/MA dan menentukan tingkat validitas media yang dikembangkan dengan menggunakan model Plomp. Subjek penelitian adalah guru SMAN 7 Padang, dosen kimia UNP, serta dosen FT UNP selaku validator konten, konstruk, dan ahli media. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting. Instrumen penelitian ini adalah angket validasi dan lembar wawancara penelitian ini yang hanya dilaksanakan hanya sampai prototipe 3 dikarenakan keterbatasan waktu. Hasil dari analisis uji validitas pada tahap I diperoleh nilai Aiken’s V-nya < 0,8 kategori tidak valid pada semua aspek penilaian karena masih memiliki kesalahan pada isi dan konstruk media sehingga dilakukan validasi tahap ke II diperoleh hasil Aiken’s V-nya > 0,8 kategori valid hal ini menunjukkan media sudah bagus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, PowerPoint-iSpring, Pertanyaan prompting, Kesetimbangan kimia.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:12
Last Modified: 15 Sep 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39686

Actions (login required)

View Item View Item