Analisis Indeks Kenyamanan Termal Kawasan Wisata Pantai Kota Padang Dengan Metode Physiological Equivalent Temperature (PET)

Suhada, Sadinda Tsania (2022) Analisis Indeks Kenyamanan Termal Kawasan Wisata Pantai Kota Padang Dengan Metode Physiological Equivalent Temperature (PET). Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_06_SADINDA_TSANIA_SUHADA_18034138_2638_2022.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Faktor kenyamanan merupakan suatu keharusan bagi sektor pariwisata untuk meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung, salah satunya ialah kenyamanan termal. Penelitian bertujuan untuk menentukan kategori sensasi termal nyaman dalam berwisata berdasarkan nilai indeks termal Physiological Equivalent Temperature (PET). Lokasi penelitian dipilih di Pantai Padang (PP), Pantai Air Manis (PAM) dan Pantai Nirwana (PN) karena belum diketahui kategori sensasi termalnya. Selain menggunakan indeks termal, juga didukung dengan perhitungan persepsi kenyamanan dengan wawancara yang memanfaatkan data kuesioner mengenai persepsi kenyamanan pengunjung. PET menggunakan parameter suhu udara, kelembaban udara, kecepatan angin dan tutupan awan. Data perhitungan PET bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada tahun 2011-2020 dan data pengukuran langsung. Hasil menunjukkan kategori sensasi termal PET Taiwan kawasan pantai Kota Padang sepanjang tahun (2011-2020) termasuk kategori “hangat” untuk melakukan kegiatan wisata. Begitu juga dengan nilai indeks PET rata-rata dari pengukuran langsung menunjukkan wisata pantai Kota Padang termasuk kategori “sangat panas” dengan nilai PET 40,3ºC. Namun wawancara dengan pengunjung menunjukkan sebaliknya, secara keseluruhan kondisi kenyamanan di pantai Kota Padang adalah “nyaman” (62%). Hal ini disebabkan kondisi lingkungan yang memberikan efek kenyamanan pada pengunjung. Mayoritas pengunjung diwawancarai di bawah naungan. Meskipun suhu udara yang terukur tergolong “tinggi”, namun efek pohon, jalur pejalan kaki dan rest area membuat pengunjung merasa nyaman. Hubungan parameter (suhu udara, kelembaban udara dan kecepatan angin) terhadap nilai indeks PET adalah berpengaruh dengan F hitung > F tabel maka hipotesis diterima, artinya variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen serta nilai sig. < 0,05 yaitu 0,000. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh yaitu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wisata Pantai, Kenyamanan Termal, PET, Sensasi Terma
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:07
Last Modified: 14 Sep 2022 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39684

Actions (login required)

View Item View Item