Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII MTsM Saning Bakar

Sakinah, Iffah (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII MTsM Saning Bakar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_IFFAH_SAKINAH_16029012_4159_2022.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan kognitif yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, terlihat di lapangan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII MTsM Saning Bakar masih rendah. Problem Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsM Saning Bakar. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTsM Saning Bakar tahun pelajaran 2020/2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan simple random sampling, kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian, yang kemudian dianalisis menggunakan uji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:05
Last Modified: 14 Sep 2022 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39670

Actions (login required)

View Item View Item