Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek

Fadhilah, Hayatun (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HAYATUN_FADHILAH_17029154_964_2022.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Pondasi utama dalam pembelajaran matematika adalah menguasai konsep. Namun, kenyataannya di SMP Negeri 1 Ampek Angkek, kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII masih belum optimal. Belum optimalnya peserta didik dalam memahami konsep ini, akan berpengaruh pada kemampuan matematis lainnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW).Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Writelebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek tahun pelajaran 2021/2022. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simplerandom sampling, kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep berupa soal esai. Data hasil tes pemahaman konsep didianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis tes akhir , diperoleh P-value = 0,002, artinya Pemahaman Konsep Matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran tipe Think Talk Write lebih baik daripada Pemahaman Konsep Matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP N 1 Ampek Angkek. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TTW terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:05
Last Modified: 14 Sep 2022 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39666

Actions (login required)

View Item View Item