Pengembangan E-modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an untuk Kelas XI Madrasah Aliyah (MA)

Azirah, Hafifah (2022) Pengembangan E-modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an untuk Kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_HAFIFAH_AZIRAH_17035010_4309_2022.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia di sekolah dilaksanakan menurut Kurikulum 2013 dengan menggunakan model pembelajaran pada pendekatan saintifik salah satunya adalah inkuiri terbimbing dan dapat disajikan di dalam e-modul. E-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing ini juga dintegrasikan dengan Al-Qur‟an untuk memenuhi Perda No 2 Tahun 2019 serta sesuai dengan KI 1 pada Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan e-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur‟an untuk kelas XI Madrasah Aliyah (MA) dan mengungkapkan validitas dan praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Plomp, yaitu Educational Design Research. Model ini memiliki tiga tahapan : penelitian pendahuluan, Prototyping stage, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah tiga orang dosen kimia FMIPA UNP, tiga orang guru kimia MAN 2 Kota Padang, serta peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Kota Padang. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara guru, angket untuk peserta didik, angket uji validitas, dan angket uji praktikalitas. Jenis data adalah data primer dan dianalisis dengan formula Aiken‟s V untuk uji validitas, dan presentase kepraktisan untuk uji praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh e-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur‟an. E-modul yang dihasilkan memiliki rata�rata nilai Aiken‟s V pada uji validitas sebesar 0,8643 dan presentase pada uji praktikalitas sebesar 89% untuk peserta didik dan 90% untuk guru. Hasil ini menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:04
Last Modified: 14 Sep 2022 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39659

Actions (login required)

View Item View Item