Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh

Salsabiila, Fina (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FINA_SALSABIILA_15029067_576_2022.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematika peserta didik di SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran CORE. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran CORE lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh tahun pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VII 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII 3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan kuis pemahaman konsep matematika pada setiap pertemuannya. Data perkembangan pemahaman konsep matematika peserta didik dianalisis dan dideskripsikan melalui hasil kuis sedangkan tes pemahaman konsep matematika peserta didik dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan data hasil kuis disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII di SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh meningkat selama dilakukan model pembelajaran CORE. Dari analisis hasil tes pemahaman konsep matematika peserta didik, diperoleh P-value = 0,000 kurang dari �= 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran CORE lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:44
Last Modified: 13 Sep 2022 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39650

Actions (login required)

View Item View Item