Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

Rahmawati, Fazria (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FAZRIA_RAHMAWATI_17029018_1670_2022.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar yang mampu menunjang pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. LKPD memuat rangkaian kegiatan dengan tujuan pencapaian pemahaman akan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning untuk peserta didik kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Pinggir, Riau di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Plomp yang dikelompokkan dalam tahap preliminary research, prototyping phase dan assessment phase. Tahap preliminary research meliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Pada fase pengembangan (prototyping phase) merupakan tahap untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning pada materi Statistika. Prototype tersebut dilakukan evaluasi formatif berupa evaluasi sendiri (self evaluation), dan evaluasi ahli/pakar (expert reviews) untuk memperoleh produk yang valid. Selanjutnya adalah assessment phase, dengan tujuan untuk menentukan kategori kepraktisan LKPD melalui tahap evaluasi perorangan (one-to-one evaluation) dan evaluasi kelompok kecil (small group evaluation). Tahap akhir yaitu field test (uji lapangan) dengan tujuan untuk menentukan kategori keefektivan LKPD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis discovery learning untuk peserta didik kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. LKPD berbasis discovery learning yang valid dari segi kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan. Rata-rata nilai validitas yang diperoleh sebesar 85,63% dengan kategori sangat valid. Kriteria LKPD berbasis discovery learning yang praktis meliputi, aspek kemudahan dalam penggunaan,kemenarikan tampilan dan efisiensi waktu. Rata-rata nilai praktikalitas yang diperoleh sebesar 95,22% dengan kategori sangat praktis. Untuk tingkat efektif dengan nilai ketuntasan klasikal 86,67% dengan 13 peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KBM dan 2 peserta didik yang memiliki nilai berada di bawah KBM. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dihasilkan sudah valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:44
Last Modified: 13 Sep 2022 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39647

Actions (login required)

View Item View Item