“Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheet Berbasis Pendekatan Realistic Maathematics Education (RME) pada Materi Persamaan Trigonometri untuk Kelas XI SMA

Amri, Fanny Elvi Mutiara (2022) “Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheet Berbasis Pendekatan Realistic Maathematics Education (RME) pada Materi Persamaan Trigonometri untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FANNY_ELVI_MUTIARA_AMRI_17029017_2014_2022.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien jika menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, mendukung kompetensi yang ingin dicapai dan memiliki gambaran yang sistematik, serta dapat memfasilitasi peserta didik untuk aktif dalam membangun pemahamannya sendiri. namun pada kenyataannya peserta didik masing cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan belum terbiasa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. bahan ajar yang digunakan berupa buku cetak dari Erlangga dan LKPD dari penerbit. Belum adanya pengembangan LKPD dari pendidik yang disebabkan karena keterbatasan pendidik dalam memanfaatkan teknologi serta kendala waktu dalam merancang LKPD yang menarik. Hal ini mengakibatkan tidak adanya LKPD yang valid dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan liveworksheet yang valid dan praktis untuk peserta didik kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain yang menggunakan model pengembangan plomp, yang meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Tahap prototyping terdiri dari 4 tahap yang dilakukan dalam perancangan LKPD. Pada tahap prototyping 1 dilakukan proses penilaian diri sendiri (self-evaluation). Pada prototype 2 dilakukan expert review yang kemudian dinilai oleh ahli untuk mendapatkan prototype yang valid. Pada prototype 3 dilakukan evaluasi one-to�one dengan menguji LKPD pada tiga orang peserta didik dengan tingkat kemampuan yang heterogen. Pada prototype 4 dilakukan evaluasi kelompok kecil terhadap enam peserta didik dengan tingkat kemampuan yang heterogen untuk mengetahui kepraktisan LKPD. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa LKPD berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi persamaan trigonometri memiliki tingkat validitas sebesar 86,5% dengan kriteria sangat valid (berdasarkan tiga ahli yaitu dua ahli dosen matematika dan satu ahli pendidik matematika). LKPD juga memiliki tingkat kepraktisan dengan kategori sangat praktis sebesar 88,38% oleh peserta didik pada tahap evaluasi one-to-one dan 91,86% oleh peserta didik tahap evaluasi kelompok kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:42
Last Modified: 13 Sep 2022 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39642

Actions (login required)

View Item View Item