Analisis Komponen Utama dan Analisis Faktor (Studi Kasus: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Transportasi Online MaximCar di Padang)

Simbolon, Elsa Manora (2022) Analisis Komponen Utama dan Analisis Faktor (Studi Kasus: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Transportasi Online MaximCar di Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ELSA_MANORA_SIMBOLON_17030041_1281_2022.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Pada saat sekarang ini keberadaan transportasi online sangat melekat dengan kehidupan manusia. Meningkatnya aktivitas manusia dan kebutuhan manusia yang beragam seperti kebutuhan akan pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan budaya mengakibatkan peranan transportasi menjadi sangat penting. Secara umum, ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih transportasi yaitu karakteristik pengguna, faktor kualitatif, faktor kuantitatif, dan karakteristik perjalanan. Dari beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan transportasi online tersebut dapat diringkas menjadi faktor utama yang lebih sedikit jumlahnya. Untuk menemukan faktor-faktor tersebut digunakan analisis faktor dan analisis komponen utama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan konsep analisis faktor dan analisis komponen utama sehingga dapat digunakan dalam menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi sesuatu, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan transportasi online MaximCar di Padang menggunakan analisis faktor dan analisis komponen utama. Analisis data yang dilakukan adalah melakukan studi literatur yang berhubungan dengan konsep analisis faktor dan analisis komponen utama, membentuk matriks data, peragam dan korelasi, melakukan uji bartlett, uji KMO, uji MSA, mengekstraksi faktor menggunakan analisis komponen utama, membentuk model analisis faktor, pendugaan bobot faktor, melakukan rotasi faktor, interpretasi hasil analisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh langsung dari pengguna MaximCar dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google formulir. Pada kuisioner terdapat 18 pertanyaan yang diisi oleh 100 responden. Setelah data diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan analisis faktor dan analisis komponen utama dengan bantuan software SPSS (Statistical Package for Social Science) 20 dan Minitab 16. Hasil penelitian diperoleh empat faktor yang mempengaruhi pemilihan transportasi online MaximCar. Faktor pertama yaitu faktor yang dipengaruhi oleh jarak perjalanan, waktu tunggu, waktu tempuh, biaya transportasi, kenyamanan, keamanan, fitur GPS pada aplikasi, keandalan dan keteraturan dan kemudahan. Faktor kedua yaitu faktor yang dipengaruhi oleh keramahan dan kesopanan, layanan pengaduan dan penilaian pengemudi dan diskon atau promo harga. Faktor yang ketiga yaitu faktor yang dipengaruhi oleh ketersediaan atau kepemilikan mobil pribadi, tujuan pergerakan dan waktu terjadinya pergerakan. Faktor keempat yaitu faktor yang dipengaruhi oleh struktur rumah tangga, pendapatan dan keharusan menggunakan mobil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:03
Last Modified: 13 Sep 2022 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39635

Actions (login required)

View Item View Item