Evaluasi Implementasi Pembelajaran Praktik Selama Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan

Flowriza, Erin and Rahmiati, Rahmiati (2021) Evaluasi Implementasi Pembelajaran Praktik Selama Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2). pp. 179-183. ISSN Print: 1858-4543 dan Online: 2615-6091

[img]
Preview
Text
7_RAHMIATI_Evaluasi Implementasi Pembelajaran Praktik Selama Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu mengganalisis evaluasi implementasi pembelajaran tematik selama pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi (Evaluation Research) dengan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara urutan pembuktian (sequential explanatory). Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini menggunakan pengolahan statistik dan pendekatan kualitatif. Metode pwngumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, maupun observasi kepada subjek penelitian. Responden penelitian evaluasi untuk pendekatan kuantitatif adalah mahasiswa semester 5 yang sedang mengambil Mata Kuliah Wajib (Pembelajaran Praktik) Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan yang telah menerapkan pembelajaran praktik dimasa pandemi Covid-19 selama satu semester. Responden untuk penelitian kualitatif adalah staf pengajar Mata Kuliah Wajib Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan telah menerapkan pembelajaran praktik dimasa pandemi Covid-19 selama satu semester. Hasil penelitian menunjukkan untuk indikator hasil (product) implementasi pembelajaran praktek dimasa pandemi covid-19 program studi pendidikan tata rias dan kecantikan diperoleh sebesar 3,91 dengan tingkat pencapaian 78,22%. Dapat disimpulkan implementasi pembelajaran praktik selama pandemic covid-19 sudah berjalan dengan cukup baik. Namun pelaksanaan pembelajaran praktik masih menimbulkan beberapa kendala. Adanya evaluasi implementasi pembelajaran praktik dapat meningkatkan proses pembelajaran menjadi optimal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:16
Last Modified: 12 Sep 2022 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39628

Actions (login required)

View Item View Item