Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan LMS Moodle pada Materi Ikatan Kimia untuk Kelas X SMA/MA

Pratiwi, Dian (2022) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan LMS Moodle pada Materi Ikatan Kimia untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DIAN_PRATIWI_17035061_3860_2022.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 menuntut sistem pembelajaran di tingkat menengah untuk berubah. Perubahan sistem pembelajaran dikarenakan saat ini pendidik dihadapkan pada peserta didik milenial atau native digital. Pendidikan pada era revolusi industri 4.0 bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajarannya. Sehingga dibutuhkan pembelajaran menggunakan teknologi digital yang berpusat kepada peserta didik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan LMS moodle pada materi ikatan kimia untuk kelas X SMA/MA, serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan rumus Aiken’s V dan untuk uji praktikalitas menggunakan rumus persentase. Subjek Penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMAN 8 Padang, dan peserta didik kelas XI SMAN 8 Padang. Hasil pengolahan data uji validitas yaitu 0,88 yang menunjukkan kategori valid. Sedangkan hasil pengolahan data uji praktikalitas dengan rata-rata 89% untuk peserta didik yang dikategorikan sangat praktis dan rata-rata kepraktisan 94% untuk guru dengan kategori sangat praktis. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan LMS moodle pada materi ikatan kimia untuk kelas X SMA/MA sudah valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:03
Last Modified: 13 Sep 2022 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39627

Actions (login required)

View Item View Item