Pengembangan Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi Kimia pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA

Sari, Desi Ratna (2022) Pengembangan Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi Kimia pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DESI_RATNA_SARI_17035060_3755_2022.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan teknis pembelajaran project based learning berbasisliterasi kimia pada materi laju reaksi untuk kelas XI SMA/MA yang dibuat berdasarkan anatomy project based learning menurut Grant (2002) dan didalamnya memuat sintaks project based learning menurut The George Lucas Foundation (2005) serta terdapat aspek literasi kimia. Jenis penelitian ini yaitu educational design research dengan menggunakan model plomp, panduan ini ditinjau dari segi validitas konten dan validitas konstruk melalui hasil validasi oleh para ahli dan dilakukannya uji one to one evaluation terhadap tiga orang peserta didik yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Uji validitas dilakukan oleh lima orang validator mencakup empat orang dosen kimia FMIPA Universitas Negeri Padang dan satu orang guru kimia di salah satu SMAN di Padang dan dianalisis menggunakan Aiken’s V. Hasil analisis validitas konten sebesar 0,84 dan validitas konstruk sebesar 0,85. Berdasarkan hasil penilaian validitas konten dan konstruk yang didapatkan, maka panduan yang dibuat dapat dikategorikan valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:02
Last Modified: 13 Sep 2022 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39621

Actions (login required)

View Item View Item