Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Kecantikan Kulit Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan

Setiawati, Erlin and Efi, Agusti and Rahmiati, Rahmiati (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Kecantikan Kulit Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan. JIIP: Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (3). pp. 363-372. ISSN Print: 1858-4543 dan Online: 2615-6091

[img]
Preview
Text
4_RAHMIATI_Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Kecantikan Kulit Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan modul pembelajaran kecantikan dasar siswa kelas X X Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 6 Padang dan melakukan pengukuran validitas, praktikalitas dan efektivitas dari hasil pengembangan.Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), prosedur penelitian dilakukan dengan design pengembangan Four D’s dengan tahapan Define, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen pengumpulan data adalah angket berskala Likert penilai validitas kepada pakar dan praktikalitas oleh siswa, lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dalam menilai praktikalitas, soal objektif digunakan untuk penilaian efektivitas. Analisis data validitas menggunakan rumus Aiken V, analisis praktikalitas dengan rumus persentase, dan analisis data efektvitas menggunakan independent sample t test untuk pengujian hipotesis. Sampel penelitian masing-masing 18 orang siswa Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 6 Padang untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian adalah 1) Pengembangan telah dilakukan dengan model pengembangan Four D’s yang menghasilkan sebuah modul Dasar Kecantikan Kulit dengan dua kompetensi dasar yakni Pengetahuan Perawatan Kulit Wajah dan Rias Wajah Sehari-hari, 2) Hasil analisis validitas modul memiliki nilai rata-rata pada aspek karakteristik modul sebesar 0.839, dan memiliki rata-rata pada seluruh aspek standar penyusunan modul sebesar 0.829 dengan kategori valid. Hasil analisis praktikalitas berdasarkan persepsi siswa dalam menggunakan modul memiliki rata-rata sebesar 88% berkategori sangat praktis. Hasil analisis efektivitas menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan berbunyi diterima pada tingkat kepercayaan 95%”,

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:19
Last Modified: 12 Sep 2022 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39620

Actions (login required)

View Item View Item