Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Las SMAW Kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Ramadhan, Gilang (2022) Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Las SMAW Kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_GILANG_RAMADHAN_17067042_819_2022.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan survei penelitian peneliti, terlihat bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang kurang serius dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Desember 2021. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing –masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembaran post test untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil pengamatan data yang diperoleh, persentase peningkatan hasil belajar, siklus I klasikal yang didapat sebesar 63% dengan rata-rata kelas sebesar 68,6 dan pada siklus II meningkat sebesar 80% dengan rata-rata kelas sebesar 83,4 yang dikategorikan tercapai. Dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan sebelum tindakan, permasalahan yang ditemukan sesuai dengan pengamatan peneliti ketika PLK banyaknya hasil belajar siswa yang belum tercapai KKM, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mencoba pengenalan model pembelajaran Blended Learning. Dengan harapan bisa dijadikan acuan dalam meningkatkan hasil belajar untuk mata pelajaran Pengelasan Busur Manual (SMAW) di kelas XI T.Las SMK Negeri 1 Bukittinggi. Sehingga dapat diartikan dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning dapat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:02
Last Modified: 13 Sep 2022 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39616

Actions (login required)

View Item View Item