Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas IX SMPN 4 Padang Panjang dalam Pemahaman Konsep Matematis.

Sari, Vicky Indah (2022) Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas IX SMPN 4 Padang Panjang dalam Pemahaman Konsep Matematis. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_01_VICKY_INDAH_SARI_16029041_99_2022.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Peserta didik diharapkan mampu menguasai setiap konsep matematis tanpa mengalami kesulitan. Namun pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep matematis dan belum mendapatkan perhatian khusus. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi terhadap letak kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam pemahaman konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami peserta didik dalam pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMPN 4 Padang Panjang tahun pelajaran 2020/2021 yang mengalami kesulitan pemahaman konsep matematis. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan intrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memenuhi masing-masing indikator pemahaman konsep matematis. Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memenuhi indikator pemahaman konsep matematis tersebut adalah 1) Faktor internal, yaitu bakat peserta didik yang rendah dalam matematika, kebiasaan belajar peserta didik yang kurang efektif, dan persepsi buruk peserta didik terhadap matematika, 2) Faktor Eksternal, yaitu pengaruh teman yang mengganggu konsentrasi belajar peserta didik dan cara mengajar pendidik yang terburu-buru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:02
Last Modified: 13 Sep 2022 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39614

Actions (login required)

View Item View Item