Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia di Kelas VIII SMP

Amelia, Dela (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DELA_AMELIA_16029104_336_2022.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal, pengembangan, dan penilaian. Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi formatif yang terdiri atas perancangan dan evaluasi sendiri, validasi oleh pakar dan evaluasi perorangan. Validasi dilakukan oleh pakar pembelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Pada fase evaluasi perorangan, perangkat pembelajaran diuji cobakan pada 3 orang peserta didik kelas VIII SMP yang memiliki kemampuan kognitif heterogen. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan PMRI memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk, dan praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan PMRI untuk peserta didik kelas VIII SMP pada pokok bahasan SPLDV yang dihasilkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:01
Last Modified: 13 Sep 2022 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39611

Actions (login required)

View Item View Item