Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Geografi Berbasis Google Classroom (Gcr) di SMAN 6 Medan

Wahyuni, Yeni (2022) Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Geografi Berbasis Google Classroom (Gcr) di SMAN 6 Medan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YENI_WAHYUNI_17045038_1699_2022.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Pada masa pandemi covid-19, sistem pendidikan mulai mencari inovasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ialah google classroom. Di sekolah SMA Negeri 6 Medan untuk yang pertama kalinya melaksanakan pembelajaran daring berbasis google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Medan selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik total sampling, jumlah sampel penelitian ini diambil dari seluruh populasi kelas X-IIS sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu koesioner dan data dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran siswa kelas X-IIS di SMA Negeri 6 Medan menggunakan media Google Classroom masuk pada tingkat capaian sangat efektif sebanyak 42 siswa dari 72 responden dengan persentase 58,33%, 26 siswa atau 36,11% pada tingkat capaian cukup efektif, 3 siswa atau 4,16% pada tingkat tidak efektif , dan 1 siswa atau 1,4% pada tingkat capaian sangat tidak efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN, GOOGLE CLASSROOM (GCR)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:01
Last Modified: 13 Sep 2022 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39610

Actions (login required)

View Item View Item