Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh

Utami, Salma Jihan (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_07_SALMA_JIHAN_UTAMII_17329041_132_2022.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di sekolah yaitu sekolah ini merupakan salah satu SMA yang unggul dalam prestasiakademik, namun sebagian besar siswa masih belum mampu membaca Al- Qur’an dengan baik sesuai dengan kaidah bacaan yang benar, kurangnya semangat dan minat siswa untuk mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa serta faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru PAI tersebut. Metodologi Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Sungai Penuh. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi di sekolah. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga cara yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sementara untuk pengabsahan data menggunakan teknik, yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu guru menggunakan metode menyimak, metode belajar privat, metode drill, tadarus Al-Qur’an, membaca asmaul husna, membaca surah-surah yang telah dipelajari dan surah-surah pendek, kegiatan jum’at beriman, sabar dan telaten, dan guru memberikan motivasi kepada siswa. 2) Faktor pendukung yaitu adanya internet, semangat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu beragamnya kemampuan siswa, kejenuhan dalam belajar, terbatasnya waktu dalam pembelajaran Al-Qur’an serta kurangnya perhatian dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Membaca Al-Qur’an, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:32
Last Modified: 12 Sep 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39604

Actions (login required)

View Item View Item