Implementasi Pendidikan Ibadah dalam Program Didikan Subuh Taman Pendidikan Alquran (Tpq) Masjid Baitussalam di Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Sulistiani, Wenny (2022) Implementasi Pendidikan Ibadah dalam Program Didikan Subuh Taman Pendidikan Alquran (Tpq) Masjid Baitussalam di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WENNY_SULISTIANI_18329224_3381_2022.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Implementasi pendidikan ibadah penting diberikan kepada anak sejak dini, tidak hanya dalam pendidikan formal ataupun informal, pendidikan ibadah juga bisa didapatkan dari pendidikan nonformal salah satunya dalam kegiatan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) yaitu program didikan subuh. Penelitian dengan judul “Implementasi Pendidikan Ibadah dalam Program Didikan Subuh Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Masjid Baitussalam” ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung, serta faktor penghambat pendidikan ibadah dalam program didikan subuh Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Masjid Baitussalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diambil dari lima orang informan yaitu satu orang kepala sekolah dan empat orang guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Masjid Baitussalam melalui wawancara mendalam dengan menggunakan teknik purposive sampling. Secara keseluruhan, kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam tahap perencanaan pendidikan ibadah dalam program didikan subuh terdapat lima langkah, yaitu membuat susunan acara, membentuk kelompok, menentukan bagian peserta yang akan tampil, mempersiapkan penampilan di kelas, dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan. 2) Pelaksanaan kegiatan didikan subuh terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi program didikan subuh Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Masjid Baitussalam dilakukan setiap minggu dan setiap bulan. 4) Faktor pendukung pendidikan ibadah dalam program didikan subuh yaitu: guru, pengurus masjid, sarana prasarana, orang tua, dan masyarakat. Sedangkan faktor pengambatnya yaitu dari anak-anak (peserta didik), guru yang berhalangan hadir, cuaca yang tidak mendukung, serta kurangnya kontrol orang tua terhadap anak diluar kegiatan didikan subuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DIDIKAN SUBUH, PENDIDIKAN IBADAH
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:29
Last Modified: 12 Sep 2022 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39599

Actions (login required)

View Item View Item