Pemetaan Suhu Permukaan Laut (SPL) dan Klorofil-a untuk Peta InformasiPersebaran Ikan Pelagis di Perairan Kota Padang, Sumatera Barat Tahun 2020

Trisanti, Silvia (2022) Pemetaan Suhu Permukaan Laut (SPL) dan Klorofil-a untuk Peta InformasiPersebaran Ikan Pelagis di Perairan Kota Padang, Sumatera Barat Tahun 2020. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_06_SILVIA_TRISANTI_18331091_2849_2022.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Kota Padang memiliki potensi sumberdaya ikan pelagis besar yang cukup menjanjikan, antara lain tuna, cakalang, tongkol. Namun, potensi tersebut belum tergarap secara maksimal. Untuk itu, Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang akan memberdayakan nelayan dan kapal kecil dalam melakukan penangkapan ikanpelagis untuk mempermudah nelayan dan kapal kecil dalam melakukan penangkapan pelagis parameter suhu permukaan laut (SPL) dan klorofil-a yang berbasiskan pengelolaan SIG dapat dijadikan dasar untuk menentukan lokasi keberadaan ikan pelagis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan sebaran ikan pelagis dengan melihat data dari persebaran suhu permukaan laut dan klorofil-a. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis suhu permukaan laut dan klorofil –a dengan memanfaatkan citra penginderaan jauh Aqua MODIS yang diolah dengan software SeaDas, Surfer dan ArcGIS. Berdasarkan hasil pengolahan data, Kota Padang memiliki tingkat klororfil- a yang tinggi dan suhu permukaan laut yang minimum. Di Bulan April konsentrasi klorofil-a memiliki nilai yang cukup tinggi hingga mencapai 2,2 mg/m3 dengan nilai kandungan suhu permukaan laut rendah yang berkisar 29,6°C apabila dilakukan overlay pada paramater tersebut maka, bisa diduga sebagai daerahsebaran ikan pelagis yang tinggi. Begitu juga pada Bulan Juni konsentrasi nilai klorofil-a pada bulan tersebut mencapai 0,7 mg/m3 dengan nilai kandungan suhu permukaan laut rendah yang berkisar 29,6 yang apabila dilakukan overlay pada paramater tersebut maka, bisa diduga sebagai daerah sebaran ikan pelagis yang tinggi juga, jadi sebaran ikan terbanyak terdapat pada bulan April dan Juni, hal ini juga sesuai dengan hasil tangkapan nelayan pada bulan tersebut, nelayan mendapatkan hasil tangkap ikan dengan jumlah yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sebaran Ikan Pelagis, Klorofi-a, SPL, Aqua MODIS.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:29
Last Modified: 12 Sep 2022 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39597

Actions (login required)

View Item View Item