Pengaruh Variasi Komposisi Cangkang Kerang Pensi ( Corbicula Moltkiana) dari Danau Maninjau terhadap Kelenturan Gigi Tiruan

Sopianti, Arni (2022) Pengaruh Variasi Komposisi Cangkang Kerang Pensi ( Corbicula Moltkiana) dari Danau Maninjau terhadap Kelenturan Gigi Tiruan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ARNI_SOPIANTI_17034004_366_2022.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui kandungan dan nilai kekuatan kelenturan bahan gigi tiruan dari cangkang pensi (Corbicula Moltkiana). Cangkang pensi merupakan salah satu hewan diair tawar yang memiliki sepasang cangkang yang disebut juga cangkok atau kutup yang biasanya simetri cermin dan terletak di bagian tengah dorsal banyak dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi industri. Pada pembuatan gigi tiruan banyak mengandung senyawa utama yang digunakan diantaranya CaO, SiO2 dan Al2O3. Senyawa tersebut banyak terdapat dalam bahan yaitu felsdpar, kuarsa, kaolin, dan cangkang pensi. Pada penelitian ini penulis melihat pengaruh variasi komposisi dari cangkang kerang pensi dengan memvariasikan komposisi cangkang kerang pensi terhadap nilai kelenturan. Pada penelitian ini telah dilakukan variasi komposisi cangkang pensi yaitu 0 gram, 20 gram, 25 ram dan 30 gram. Cangkang pensi dikalsinasi untuk diperoleh CaO dimulai dari preparasi cangkang pensi, kalsinasi kemudian dikarakterisasi dengan XRF. CaO pada cangkang pensi dicampurkan dengan bahan pembuatan gigi tiruan lainnya yaitu felsdpar, kuarsa dan kaolin. Campuran sampel tersebut dicetak dengan ukuran 90 mm X 18 mm X 8 mm dan dikeringkan. Langkah selanjutnya adalah karakterisasi menggunakan XRF, dan Bending Testing Machine. Hasil karakterisasi XRF memperoleh kandungan bahan pada bahan pembuatan gigi tiruan diperoleh kandungan yang bagus mengandung CaO yaitu Cangkang pensi adalah 97,121 %, kandungan SiO2 pada felsdpar, kuarsa dan kaolin yaitu 67,88%,87,281%, dan 56,116%. Untuk kandungan Al2O3 pada kaolin yaitu 34,968%. Sedangkan untuk nilai kelenturan bahan gigi tiruan yang tertinggi dan terendah adalah 34,678 MPa dan 4,010 MPa. Hasil analisis yang didapatkan adanya pengaruh variasi komposisi CaO terhadap nilai kelenturan bahan gigi tiruan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:27
Last Modified: 12 Sep 2022 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39582

Actions (login required)

View Item View Item