Pelaksanaan Strategi Badan Pengawas Pemilu Sumatera Barat dalam Menjaga Netralitas ASN Pada Pilkada 2020 di Sumatera Barat.

Putri, Rita Widia (2022) Pelaksanaan Strategi Badan Pengawas Pemilu Sumatera Barat dalam Menjaga Netralitas ASN Pada Pilkada 2020 di Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_RITA_WIDIA_PUTRI__17042082_232_2022.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi Badan Pengawas Pemilu Sumatera Barat dalam Menjaga Netralitas ASN Pada Pilkada 2020 di Sumatera Barat. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya ditemukan pelanggran netralitas ASN di Sumatera Barat Pada Pilkada 2020 di Sumatera Barat, maka diperlukan strategi oleh Bawaslu Sumatera Barat sebagai lembaga penyelenggara Pilkada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penelitian kualitatif deskriptif, Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Bawaslu Sumatera barat mempunyai tiga strategi dalam menjaga netralitas ASN pada Pilkada 2020 di Sumatera Barat, Ketiga strategi tersebut adalah Pencegahan, Pengawasan Melekat dan Penindakan. Pada Pencegahan Bawaslu melaksanakan sosialisasi kepada ASN, namun pelaksanaan sosialisasi ini tidak bisa dilaksanakan secara maksimal karena pandemi covid-19, pada tahap pengawasan Bawaslu Sumatera Barat melakukan supervisi dan monitoring dan Bawaslu sendiri mempunyai program masyarakat partisipatif tetapi partisipasi masyarakat dalam pengawasan pilkada 2020 masih rendah dibuktikan dengan sedikitnya laporan dugaan pelanggaran yang berasal dari masyarakat, dalam tahap penindakan Bawaslu Sumatera Barat berwenang sebagai lembaga yang memberikan rekomendasi kepada KASN apabila terjadi pelanggaran netralitas ASN tetapi Bawaslu tidak berwenang untuk menjatuhkan sanksi kepada pihak yang diduga melanggar netralitas ASN

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi,Bawaslu, Netralitas ASN
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:27
Last Modified: 12 Sep 2022 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39579

Actions (login required)

View Item View Item