Evaluasi Pelaksanaan Program Penyaluran Pupuk Bersubsidi Melalui Kartu Tani di Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman

Anisa, Fatma (2022) Evaluasi Pelaksanaan Program Penyaluran Pupuk Bersubsidi Melalui Kartu Tani di Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_05_FATMA_ANISA_17042018_17042018-207_2022.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari masalah penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani di Kecamatan Padang Sago yang ditemukan adanya penjualan pupuk bersubsidi melebihi Harga Eceran Tertinggi, jaringan internet untuk mesin electronic data capture tidak memadai, mesin electronic data capture sering mengalami eror dan tidak bisa membaca alokasi pupuk subsidi petani, terjadi penjualan pupuk subsidi bukan kepada petani pengusul kartu tani, adanya kesalahan persepsi masyarakat terkait kartu tani dan terjadinya ketidaktepatan tempat penjualan pupuk subsidi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani dan evaluasi pelaksanaan penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani di Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan secara purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Padang Sago denganpengambilan data dari penelitian ini yaitu di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Padang Sago. Data diperoleh dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan teknik manual data analysis procedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani di Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman belum berjalan secara optimal, karena jaringan mesin electronic data capturekurang memadai, mesin electronic data capture sering eror dan ada penyelewengan harga pupuk subsidi oleh kios pengecer. Dan evaluasi pelaksanaan program penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani menunjukkan pelaksanaannya belum efektif karena belum seluruh tujuannya tercapai dan belum tepat sasaran, belum efisien karena kekurangan sumberdaya namun upaya optimalisasi sudah dilakukan dengan baik, belum memenuhi aspek kecukupan karena petani belum puas terhadap pelaksanaannya, sudah merata karena manfaat program sudah didistribusikan kepada kelompok sasaran, sudah responsive karena tanggapan petani dan aparatur sudah baik terhadap program ini serta sudah tepat guna karena petani dan aparatur telah merasakan dampak jangka pendek dari pelaksanaan program tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pupuk Subsidi; Evaluasi; Kartu Tani
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:26
Last Modified: 12 Sep 2022 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39578

Actions (login required)

View Item View Item