Penggunaan Media Internet Sebagai Sumber Belajar di Kalangan Peserta Didik Kelas XII IPS di SMA Pertiwi 1 Padang Pada Masa Pandemi Covid-19

Reza, Siti Annisa (2022) Penggunaan Media Internet Sebagai Sumber Belajar di Kalangan Peserta Didik Kelas XII IPS di SMA Pertiwi 1 Padang Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_04_SITI_ANNISA_REZA_17058212_39_2022.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan media internet sebagai sumber belajar dikalangan peserta didik pada masa pandemi Covid-19, hal ini menarik untuk dikaji karena SMA Pertiwi 1 Padang merupakan salah satu sekolah yang ada di Sumatera Barat melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid- 19, kesuksesan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 ini tergantung pada sumber belajar yang ada, yang biasanya sumber belajar datang nya dari buku atau bahan tercetak lainnya sekarang lebih terfokus kepada media internet sebagai sumber belajar peserta didik dan juga menurut guru sosiologi mengatakan sumber belajar mandiri belum terlaksanakan dengan baik di masa pandemi Covid-19 dikarenakan peserta didik kelas XII IPS di SMA Pertiwi 1 Padang belum mampu untuk belajar secara mandiri, karena peserta didik masih memerlukan bimbingan guru ketika mencari materi yang valid. Yang mempengaruhi peserta didik untuk mencari informasi pembelajaran di internet karena kurangnya sumber belajar dari guru.Dalam menganalisis penelitian ini peneliti mengunakan teori Fungsionalisme Struktural yang dikembangkan oleh Talcott Parsons dalam kerangka teori Adaptation (adaptasi), teori ini menjelaskan sebuah sistem harus menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sedangkan untuk Teori yang kedua menggunakan Teori Belajar Kognitivisme Oleh Jerome S. Brunner dalam kerangka teori discovery learning. Bruner menganggap bahwa belajar penemuan sesuai dengan pencarian pengetahuan secara aktif oleh pelajar dan dengan sendirnya memberikan hasil yang paling baik. Berusaha sendiri untuk mencari pemecahan masalah, menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna bagi pembelajaran khususnya bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan tipe penelitian fenomenologi, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 18 orang informan, pengumpulan data secara observasi. Wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan). Lokasi penelitian di SMA Pertiwi1 Padang.Hasil penelitian yang peneliti lakukan selama berada di lapangan yaitu di SMA Pertiwi 1 Padang ditemukan bahwa penggunaan media internet sebagai sumber belajar dikalangan peserta didik di SMA Pertiwi 1 Padang pada masa pandemi Covid 19 berupa. 1) Mengenal Internet. 2) Motif Penggunaan Media Internet sebagai Sumber Belajar. 3) Strategi Mengakses Internet. 4) Kebiasaan Menggunakan Internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Internet, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:26
Last Modified: 12 Sep 2022 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39577

Actions (login required)

View Item View Item